Anggota DPRD Provinsi Sumsel Dilantik, Salah Satunya Muhammad Toha Penemu Metode SB3 (Satu Bulan Bisa Baca)

PALEMBANG-Pelantikan Anggota DPRD Provinsi Sumsel periode 2024-2029 dilaksanakan di Ruang Rapat Sidang Utama Kantor DPRD Sumsel pada hari Selasa, 24 September 2024.

Dari 75 Anggota DPRD Sumsel yang dilantik tersebut ada Ketua DPW PKS Sumsel Muhammad Toha yang berasal dari Daerah Pemilihan Sumsel I meliputi 9 Kecamatan di Kota Palembang, yaitu Plaju, Jakabaring, Kertapati, Bukit Kecil, Gandus, SU I, SU II, IB I dan IB II.

Muhammad Toha lahir di Desa Kamal Pemulutan Barat Ogan Ilir, menempuh pendidikan di SDN Kamal, SMPN I Pemulutan, MAN I Palembang dan UIN Raden Fatah Palembang Jurusan Matematika.

Suami dari Rahmi, S. Ag ini juga merupakan Penemu, Trainer dan Penulis buku SB3 (Satu Bulan Bisa Baca), yaitu ditemukan ketika ia dengan telaten membimbing tiga putra putrinya yang ketika itu masih usia TK belajar membaca kalimat bahasa Indonesia di rumah. Metode SB3 adalah cara belajar membaca kalimat bahasa Indonesia yang mudah cepat dan menyenangkan karena hanya belajar membaca 15 menit perhari maka dalam 30 hari rata-rata anak PAUD, TK dan SD kelas awal jadi bisa membaca. Muhammad Toha telah diundang ke berbagai Kabupaten/Kota di Indonesia dalam rangka menjadi Nara Sumber acara Seminar SB3 tersebut.

Ustadz Muhammad Toha yang juga banyak mengisi berbagai Majlis Taklim memulai karir kepemimpinannya sejak masa remaja, yaitu ketika ia membimbing seorang remaja yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan pada gilirannya terbentuk Ikatan Remaja menjadi Ketua Ikatan Remaja Masjid Baitul Amin (IRBA) 9/10 Ulu Palembang dan ia diangkat sebagai Ketuanya.

Selanjutnya di PKS ia berpengalaman menjadi Ketua DPD PKS Kabupaten OKI, Ketua DPD PKS Kabupaten Ogan Ilir, Wakil Ketua DPW PKS Sumsel dan Ketua DPW PKS Sumsel Periode 2018 – 2020 dan 2020 – 2025.

Pada Pemilu 2024 yang lalu DPW PKS Sumsel meraih 2 Kursi DPR RI, 7 Kursi DPRD Provinsi dan 46 Kursi DPRD Kab/Kota.

Mantan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Ogan Ilir ini selain Pendiri Yayasan Rumah Baca Indonesia (RBI), juga merupakan Anggota Dewan Pembina Yayasan Menara Fitrah Indralaya dan pernah menjadi tenaga edukatif di MI Nurul Aitam Palembang, MA Muhammadiyah Palembang dan di Ponpes Raudhatul Ulum Sakatiga.

Dalam upaya merekrut kader baru Muhammad Toha juga sejak setelah Pemilu 2019 yang lalu menggagas dan menjadi Narasumber Sekolah Cinta Indonesia (SCI) DPW PKS Sumsel, SCI merupakan wadah edukasi bulanan bagi para Anggota Baru PKS yang direkrut oleh para Pengurus SCI melalui medsos, dan setiap Angkatan berkisar 25 sampai 50 orang yang dilaksanakan setiap awal bulan dan sampai sekarang telah terlaksana 34 kali kegiatan SCI.

author

Author: 

Related Posts