Sri Mulyani Bicara Ancaman Stagnasi Pertumbuhan Ekonomi

 

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, outlook perekonomian Indonesia turun tajam sepanjang 2020. Hal itu berdampak pada peningkatan tingkat pengangguran dan kemiskinan di Tanah Air.

Kondisi tersebut mengancam upaya ekonomi Indonesia untuk tumbuh lebih tinggi dan keluar dari Middle Income Trap (MIT) atau stagnasi pertumbuhan pendapatan. Itu karena perubahan secara fundamental itu mempersulit upaya Indonesia mengatasi tantangan jangka menengah dan panjang yang perlu diatasi agar lolos dari stagnasi perekonomian tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, pemerintah harus mengambil langkah strategis untuk merespon persoalan itu. Meski begitu, ada faktor lain yang mendorong terjadinya stagnasi pertumbuhan pendapatan dalam negeri. Faktor tersebut adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), gap infrastruktur, serta tingkat adopsi teknologi yang rendah menjadi penyebab produktivitas rendah di Indonesia.

 

Selain faktor pendidikan, kualitas SDM yang rendah juga disebabkan oleh masih besarnya kelas menengah dalam usia produktif namun memiliki kondisi sosial ekonomi yang masih rentan dan berada di sektor informal.

Di dalam faktor demografi ini juga terdapat faktor ketidaksetaraan gender serta mulai terjadinya proses penuaan penduduk (aging population).

“Selain itu, iklim usaha yang kurang kondusif serta regulasi dan birokrasi yang belum efisien mengakibatkan high cost economy yang menghambat daya saing perekonomian Indonesia, termasuk daya saing produk ekspor,” ujar dia yang dituangkan dalam pokok-pokok kebijakan fiskal 2021, dikuti Jumat (25/12/2020).

Karena itu, dia menegaskan, pada 2021 mendatang upaya untuk terus merealisasikan lima arahan strategis Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan birokrasi, penyederhanaan regulasi, serta transformasi ekonomi, mampu mengatasi tantangan fundamental agar Indonesia dapat terlepas dari MIT.

 

 

economy.okezone.com/read/2020/12/25/320/2333833
/sri-mulyani-bicara-ancaman-stagnasi-pertumbuhan-ekonomi

author

Author: 

Related Posts